Tiba-tiba Anggaran Prabowo Naik Rp65 T, Ini Kata Jokowi!

Tiba-tiba Anggaran Prabowo Naik Rp65 T, Ini Kata Jokowi!

Presiden Joko Widodo santap siang bersama tiga calon presiden yang akan berpartisipasi pada pemilihan presiden 2024 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, (30/10/2023). (Dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai penambahan belanja alutsista yang berasal dari luar negeri, menjadi US$ 25 miliar tahun depan. Penambahan utang luar negeri ini disepakati dalam rapat internal di Istana Bogor, Selasa (29/11/2023) lalu.

“Tanyakan ke Menhan (Prabowo Subianto),” https://judol-terpercaya.xyz/ kata Jokowi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan belanja itu mengungkapkan ada perubahan alokasi anggaran yang untuk belanja alutsista dari utang luar negeri menjadi US$ 25 miliar di tahun 2024 atau naik Rp65 triliun (kurs Rp15.400/US$)

“Untuk tahun 2020 – 2024 waktu itu sudah disetujui bapak Presiden Rp 20,75 miliar, nah kemarin karena ada perubahan maka alokasi untuk 2024 menjadi US$ 25 miliar. Terjadi kenaikan yang signifikan dari US$ 20,75 miliar ke US$ 25 miliar itu yang kemarin disepakati,” kata Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, pekan lalu.

Ia menjelaskan peningkatan anggaran belanja alutsista Kemenhan yang berasal dari utang luar negeri ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan sesuai kondisi yang terjadi saat ini.

“Kebutuhannya memang disampaikan Kemenhan menanggapi kebutuhan sesuai kondisi alutsista dan kemudian ancaman serta peningkatan dinamika geopolitik dan geosecurity dan disisi lain masih sesuai dengan Rencana kita dari sisi perencanaan penganggaran jangka panjang,” kata Sri Mulyani.

Selain itu Sri Mulyani mengatakan penambahan ini masih sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) sektor pertahanan hingga 2034 mendatang. Dimana belanja alutsista dari pinjaman luar negeri sesuai 3 rencana strategis (Renstra) hingga 2034 mencapai US$ 55 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*