Reservasi MG Maxus 9 Tembus Ribuan Unit, Bakal Dirakit di Cikarang?

Jakarta – Morris Garage (MG) sudah memperkenalkan MPV listrik pertama mereka di Indonesia. Brand di bawah payung SAIC itu mengklaim sudah mendapat ribuan pemesanan.

Jadi MG membawa dua mobil listrik baru di IIMS 2024, yakni MG Maxus 9 dan MG ES EV. Keduanya masih diimpor utuh dari luar.

Khusus MG Maxus 9, modelnya bakal bertarung dengan MPV premium seperti Alphard, Vellfire, hingga Lexus LM. Tapi ketiga merek itu belum memiliki sumber tenaga baterai.

Meski sudah diperkenalkan, MG belum merilis harga. Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengungkapkan peluncuran harga bakal dilakukan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024.

“Baru kita luncurkan MG Maxus 9, baru perkenalan di 15 Februari, itu reservasinya sudah lebih dari 1.300, itu hari pertama, reservasi online yang ada intention untuk tahu lebih lanjut. Sekarang mungkin sudah 2 ribu lebih,” klaim Arief kepada detikcom di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (19/2/2024).

Mengingat respons yang positif, MG tidak menutup kemungkinan untuk melokalisasi MG Maxus 9 di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Dua model yang sudah diproduksi secara lokal adalah New ZS EV dan MG 4 EV. Pabrik MG Motor saat ini berada di Cikarang, Jawa Barat. Apalagi MG sekarang memastikan sebagai pabrikan otomotif yang akan fokus ke EV.

“Kita sedang studi, kalau memang itu menjadi sesuatu hal yang menarik, apalagi reservasinya sudah sangat luar biasa tinggi. Why not kalau kita tidak produksi dalam negeri,” jelas dia.

MG Maxus 9 memiliki tongkrongan ala MPV mewah Toyota Alphard. Tapi MG Maxus 9 selangkah lebih maju karena sudah mengusung mesin listrik full baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle).Selanjutnya MG Maxus 9 dibekali baterai lithium-ion 90kWh. Di atas kertas, performanya bisa memuntahkan tenaga 245 Ps dan torsi 350 Nm.

Bicara jarak tempuh MG Maxus 9, mobil itu menjanjikan jangkauan hingga 540 km per pengisian penuh. Dengan jarak segitu, pengendara bisa menempuh Jakarta-Solo dalam satu kali pengecasan penuh. MG Maxus 9 memiliki rating keselamatan 5-bintang dari EURO NCAP.

MG belum merilis harga dari calon mobil listrik terbarunya ini, yang rencananya bakal diumumkan dalam waktu dekat. Sebagai pembanding, MG Maxus 9 di Thailand dijual mulai 2.499.000 baht hingga 2.699.000 baht atau sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 1,2 miliaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*