rabowo Besok, Tokoh Ini Pernah Terima Pangkat Jenderal TNI (HOR)

Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bakal menerima kenaikan pangkat menjadi jenderal TNI (HOR) besok. Selain Prabowo, sejumlah tokoh pernah mendapat pangkat jenderal TNI (HOR) ini.

Dikutip dari laman resmi Akademi Militer (Akmil), Selasa (27/2/2024), beberapa tokoh pernah mendapat pangkat ini. Beberapa di antaranya mantan Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja serta Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Soeharto, Soesilo Soedarman.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan hingga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah mendapatkan pangkat ini.

Berikut ini daftar jenderal yang pernah mendapat pangkat jenderal TNI (HOR):

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Hari Sabarno
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Soedarman
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Bambang Yudhoyono
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Agum Gumelar

Prabowo Terima Pangkat Jenderal Kehormatan Besok
Sebagaimana diketahui, Prabowo dijadwalkan menerima tanda kehormatan tersebut dalam Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI besok. Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Benar, besok Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima keppres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi jenderal TNI. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan,” katanya dalam keterangan videonya, Selasa (27/2/2024).

Dahnil mengatakan sejumlah tokoh militer pernah menerima tanda kehormatan serupa.

“Hal yang sama pernah diperoleh oleh Pak Jenderal SBY, Pak Luhut, Pak Hendropriyono, dan beberapa tokoh yang lain,” kata Dahnil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*