Menko PMK Berharap Pilpres 1 Putaran, Ungkit Anggaran Rp40 Triliun

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

Muhadjir menilai anggaran sebesar Rp40 triliun yang disiapkan pemerintah untuk putaran kedua Pilpres dapat dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih penting nantinya.

“Kalau kita sih berharap seperti yang saya sampaikan, kalau bisa satu putaran cukup lah, sehingga Rp40 triliun itu cukup besar. Jadi kalau diberikan beras, mungkin wartawan seluruh Indonesia bisa satu tahun ga perlu belanja itu,” kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (19/2).

Muhadjir menekankan bawha pilpres satu putaran dapat mengurangi pelbagai risiko sosial hingga risiko anggaran negara. Baginya, Pilpres satu putaran juga dapat menjamin iklim investasi.

“Iklim investasi juga mungkin lebih kondusif dibanding seandainya harus ada putaran kedua dan seterusnya,” kata dia.

Meski begitu, Muhadjir menilai pemerintah tetap siap melaksanakan pilpres jika digelar dua putaran. Masalah anggaran juga tidak perlu dikhawatirkan.

“Memang biasanya nanti akan ada data APBN Perubahan kan, ya memang, tapi kan daripada begitu kan lebih baik enggak berubah lah,” kata mantan Mendikbud ini.

Muhadjir memastikan pemerintah juga menghormati proses pemilu yang berjalan. Saat ini penghitungan suara masih dilakukan. Jika ada kecurangan, ia mengimbau untuk menguatkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita tunggu saja sampai pengumuman KPU, kan yang menjadi rujukan kan bukan quick count, bukan survei, tetapi nanti pada saat di mana KPU mengumumkan secara resmi,” kata dia.

Pilpres bisa berlangsung satu putaran apabila pasangan capres-cawapres memenuhi syarat yang diatur dalam Pasal 416 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang berbunyi sebagai berikut.

“Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.”

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul jauh dalam real count KPU yang diunggah di situs pemilu2024.kpu.go.id.

Berdasarkan data per Senin (19/2) pukul 16.00 WIB, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 55.693.236 suara alias 58,46 persen. Data masuk 71,26 persen atau 586.646 dari 823.236 TPS di seluruh Indonesia.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan 23.171.238 suara atau 24,32 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mengantongi 16.402.002 suara alias 17,22 persen.

Ramai soal Biaya Admin Debit BCA Disebut Naik, Ini Penjelasan BCA

KOMPAS.com – Unggahan foto yang menampilkan biaya administrasi kartu debit BCA mengalami kenaikan, ramai diperbincangkan di media sosial.

Foto tersebut diunggah oleh akun X @tanyarlfes pada Sabtu (17/2/2024) pukul 19.28 WIB.

Hingga Minggu (18/2/2024), foto tersebut sudah dilihat lebih dari 1,7 juta kali, disukai lebih dari 14.000 akun, dan dibagikan lebih dari 3.300 kali.

“Sekarang admin BCA 10 ribu!!??” tulis pengunggah.

Dalam foto tersebut pengunggah mendapatkan biaya administrasi sebesar Rp 10.000,00.

Penjelasan pihak BCA

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengonfirmasi unggahan viral tersebut.

Menurut Hera, BCA menyesuaikan biaya administrasi rekening Tahapan Xpresi mulai 19 Januari 2024, dari Rp 7.500 menjadi Rp 10.000.

Penyesuaian tersebut menurutnya ditujukan untuk menjaga kualitas layanan kepada nasabah BCA.

Meskipun demikian, penyesuaian administrasi ini hanya berlaku untuk jenis debit tabungan Tahapan Xpresi.

“BCA tidak mengubah biaya administrasi untuk jenis kartu lainnya,” ungkap Hera yang ditulis dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (18/2/2024).

Walaupun terdapat kenaikan tarif biaya administrasi, BCA juga menaikkan limit transaksi bagi nasabah pemilik kartu Tahapan Xpresi, Debit BCA Silver/Blue, Platinum, dan Gold; Tapres, dan BCA Dollar.

Peningkatan layanan ini berlaku untuk berbagai jenis transaksi, seperti tarik tunai, transfer antar rekening BCA, transfer antar bank, dan transaksi debit.

Penyesuaian limit transaksi harian ini diharapkan membuat nasabah semakin fleksibel dan lancar dalam bertransaksi untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

“Kenaikan limit transaksi harian ini kami lakukan seiring meningkatnya kebutuhan nasabah terhadap berbagai macam layanan transaksi,” katanya.

Perolehan Suara Sementara Caleg Artis di Jabar: Taufik Hidayat hingga Jeje

Jakarta – Penghitungan suara masih terus berlanjut. Perolehan suara sementara untuk caleg artis pun jadi sorotan.
Perolehan suara sementara caleg artis di Jawa Barat terus bersaing. Ada nama ‘pemain’ baru seperti Jeje Govinda, Verrell Bramasta, Ramzi, Badai, hingga Melly Goeslaw. Jawa Barat mempunyai 11 Dapil pada Pemilu 2024.

Dilihat dari website KPU hasil perolehan suara sementara per pukul 13.00 WIB, partai Golkar mendapatkan 14,19 persen beda tipis dengan Gerindra yang mendapatkan 14,23 persen. Angka ini masih sementara karena baru 28,84 persen TPS yang masuk.

Berikut hasil perolehan suara sementara caleg artis di Jabar:

Jabar I
Giring Ganesha (PSI): 5.223 berada di posisi pertama dari 7 caleg
Junico B.P Siahaan (PDIP): 5.305 berada di posisi pertama dari 7 caleg
Muhammad Farhan (NasDem): 4.100 berada di posisi pertama dari 7 caleg
Faisal Haris (PAN): 4.213 berada di posisi pertama dari 7 caleg
Melly Goeslaw (Gerindra): 3.524 berada di posisi keempat dari 7 caleg
Nurul Arifin (Golkar): 3.284 berada di posisi kelima dari 7 caleg
Marcel Siahaan (PDIP): 3.229 berada di posisi ketiga dari 7 caleg
ADVERTISEMENT

Jabar II
Dede Yusuf (Demokrat): 5.672 berada di posisi pertama dari 10 caleg
Rachel Maryam (Gerindra): 2.607 berada di posisi kedua dari 10 caleg
Taufik Hidayat (Gerindra): 2.121 berada di posisi ketiga dari 10 caleg
Hengki Kurniawan (PDIP): 1.433 berada di posisi pertama dari 10 caleg
Lita Zen (PDIP): 1.406 berada di posisi kedua dari 10 caleg
Denny Cagur (PDIP): 1.403 berada di posisi ketiga dari 10 caleg
Jeje Ritchie Ismail (PAN): 1.209 berada di posisi kedua dari 10 caleg
Girry Pratama (Perindo): 1.382 berada di posisi kedua dari 10 caleg

Jabar III
Derry Drajat (Gerindra): 949 berada di posisi kedelapan dari 9 caleg

Jabar IV
Desy Ratnasari (PAN): 5.735 berada di posisi pertama dari 6 caleg

Jabar V
Tommy Kurniawan (PKB): 3.370 berada di posisi ketiga dari 9 caleg
Ramzi (NasDem): 3.739 berada di posisi pertama dari 9 caleg
Primus Yustisio (PAN): 2.755 berada di posisi pertama dari 9 caleg
Anang Hermansyah (PDIP): 2.307 berada di posisi ketiga dari 9 caleg

Jabar VI
Vicky Prasetyo (Perindo): 2.467 berada di posisi kedua dari 6 caleg
Doadibadai Holli (PSI): 1.689 berada di posisi pertama dari 6 caleg
Choky Sitohang (NasDem): 872 berada di posisi keempat dari 6 caleg

Jabar VII
Verrell Bramasta (PAN): 2.844 berada di posisi keenam dari 10 caleg
Rieke Diah Pitaloka (PDIP): 2.658 berada di posisi kesepuluh dari 10 caleg
Aldi Taher (Perindo): 2.297 berada di posisi kesepuluh dari 10 caleg

Jabar XI
Mulan Jameela (Gerindra): 2.808 Gerindra berada di posisi kedua dari 10 caleg
Ali Syakieb (PDIP): 1.928 berada di posisi ketiga dari 10 caleg

Bawaslu Jawab Dugaan Aparat Intimidasi Warga dan Petugas TPS

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan belum terima informasi terkait dugaan adanya aparat keamanan yang mengintimidasi warga dan petugas di tempat pemungutan suara (TPS) ketika hari pencoblosan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengakui, dari hasil pengawasan selama hari pemungutan suara, ada sejumlah intimidasi. Meski demikian, belum ada laporan intimidasi itu dari aparat keamanan.

“Sampai saat ini tidak ada, belum ada informasi itu [aparat lakukan intimidasi],” jelas Bagja di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024).

Dia mencontohkan, salah dua daerah yang terjadi intimidasi adalah Nusa Tenggara Barat dan Maluku. Di situ, ada oknum-oknum yang mengintimidasi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga pengawas TPS dengan merusak kotak dan surat suara.

Pelakunya sendiri dari berbagai pihak, bahkan termasuk calon legislatif (caleg) peserta pemilu. Bagja mengatakan pihaknya sudah beri pengertian kepada pelaku.

“[Pelaku intimidasi] ya bisa tim, kemarin ada caleg-caleg kan, kemudian ada mungkin masyarakat, yang mungkin detailnya kita belum tahu. Tapi kita minta kepada teman-teman, warga negara, masyarakat, agar menghormati proses,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty mengungkapkan di 2.271 TPS terjadi intimidasi kepada pemilih dan/atau penyelenggara pemilu di TPS. Jumlah tersebut merupakan intimidasi yang dilakukan saat proses pemungutan suara.

Pihaknya juga mendapati upaya serupa dalam proses penghitungan suara. Terkait hal ini, Bawaslu tengah melakoni penelitian dan pemeriksaan terhadap potensi pemungutan suara ulang, penghitungan suara ulang, serta pemungutan-penghitungan suara lanjutan dan susulan.

Buka IIMS 2024, Jokowi: Masa Depan Otomotif Terwujud

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) mengisi daya mobil listrik saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). Presiden Jokowi meresmikan SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show 2024 (IIMS) dengan penuh semangat di JIExpo, Jakarta. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, saya secara resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2024,” kata Jokowi di IIMS 2024 di JIExpo Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Jokowi menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Dia mengamati dengan baik berbagai inovasi yang dipamerkan, termasuk peningkatan signifikan dalam mobil listrik.

“Saya melihat baik. Banyak yang dipamerkan, termasuk mobil listrik,” ujar Jokowi.

Menurut dia, masa depan otomotif Indonesia sangat berkaitan dengan mobil listrik, mengingat negara ini memiliki sumber daya alam yang kaya, seperti bahan baku nikel dan sumber daya lainnya yang mendukung pengembangan industri mobil listrik.

“Ya, memang masa depan otomotif Indonesia terletak pada mobil listrik, mengingat kita memiliki sumber daya alam, seperti nikel dan komoditas lainnya yang mendukung,” kata Jokowi.

CEO Kompas Gramedia, Liliek Oetama memimpin pembukaan resmi Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show 2024 (IIMS 2024). Acara tahunan yang dinanti-nantikan ini tidak hanya menjadi wadah untuk memamerkan inovasi terbaru dalam industri otomotif, tetapi juga menjadi momen refleksi atas kemajuan yang telah dicapai sebagai bangsa dalam mengembangkan sektor otomotif.

Indonesia, sebagai salah satu pasar otomotif yang potensial, terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam industri ini. Dengan semangat inovasi dan kerja keras, terjadi peningkatan signifikan dalam produksi kendaraan, investasi dalam teknologi ramah lingkungan, serta dukungan yang terus meningkat dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.

“Indonesia sebagai salah satu pasar otomotif yang potensial terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam industri ini,” kata Liliek.

IIMS 2024 diikuti oleh 53 merek kendaraan dan 187 peserta dari industri otomotif, industri kreatif, dan pendukungnya. Acara ini juga menjadi ajang peluncuran dan pengenalan produk terbaru dari berbagai merek.

Selama 11 hari penyelenggaraan, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai program pendukung dari komunitas otomotif dan industri kreatif, termasuk IIMS Infinite Show dan IIMS Infinite Live yang menampilkan deretan musisi ternama.

 

Liliek menyatakan keyakinannya bahwa IIMS 2024 akan menjadi titik balik penting dalam mendorong kolaborasi antara pemangku kepentingan dan kemitraan yang saling menguntungkan. Dia berharap acara ini dapat menginspirasi generasi mendatang dan membawa industri otomotif Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

Kalah Jauh di Quick Count, Anies: Santai.

Jakarta, CNBC Indonesia – Anies Baswedan merespons hasil sementara quick count yang menunjukkan keunggalan pasangan capres-cawapre nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Capres nomor urut 1 yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar tersebut memilih untuk menunggu sampai penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai. Menurutnya, proses tersebut masih panjang.

“Jangan buru-buru, masih panjang. Santai,” sesaat sebelum meninggalkan markas Tim Nasional (TimNas) AMIN di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Anies menambahkan semua pihak harus menghormati proses penghitungan suara di KPU. Dia pun menyatakan hasil sementara penghitungan quick count masih terlalu awal.

“Jangan tergiring semua serba cepat, harus sekarang, harus simpulkan sekarang. Kasih waktu KPU kerja,” tuturnya.

Terkait dengan potensi adanya kecurangan di lapangan, Anies enggan berkomentar banyak.

Bakal Digugat B2W soal Jalur Sepeda, Kadishub Mengaku Justru Tingkatkan Kualitasnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengomentari rencana gugatan dari komunitas pengendara sepeda Bike To Work (B2W) Indonesia.

B2W sebelumnya menganggap ada dugaan malpraktik tata kelola Jakarta dalam usaha menjamin keamanan bagi pengendara sepeda.

Syafrin mengatakan, tak ada pengurangan spesifikasi pada jalur sepeda yang dibangun di Jakarta. Menurut dia, Pemprov DKI justru meningkatkan kualitas dari jalur itu.

“Jadi terkait rencana gugatan Bike to Work itu, kami sampaikan bahwa Pemprov DKI tentu terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan jalur sepeda di Jakarta,” ujar Syafrin di Halte Transjakarta Bundaran HI, Selasa (30/1/2024).

Adapun target pembangunan jalur sepeda di Jakarta sesuai Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 yakni sepanjang 535,68 kilometer

Target pembangunan jalur sepeda pada 2024 adalah sepanjang 298 kilometer. Sedangkan yang sudah terbangun pada 2023, sudah sepanjang 314 kilometer.

“Artinya sudah terlampaui. Kami saat ini fokus pada menjaga kualitas jalur sepeda agar tetap terjaga. Sehingga masyarakat itu beraktivitas menggunakan jalur sepeda keselamatan itu terjamin, nyaman, dan aman,” kata Syafrin.

Terkait soal pencopotan stick cone pada jalur sepeda, Syafrin mengatakan, bahwa upaya itu dilakukan demi keamanan pengguna karena fasilitas itu banyak yang sudah rusak.

“Seluruh stick cone itu sudah rusak, tertabrak. Kemudian tidak ada biaya penggantian untuk stick cone. Oleh sebab itu stick cone itu diganti dengan marka, atau mata kucing,” kata Syafrin.

“Jadi lebih kepada masyarakat yang aman dan kemudian tidak ada yang terganggu oleh kerusakan stick cone pada saat pengguna sepeda berada di jalur tersebut,” sambung Syafrin.

Sementara itu, Ketua Umum B2W Indonesia Fahmi Saimima sebelumnya berencana gugat Pemprov DKI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Gugatan tersebut terkait dugaan malpraktik tata kelola Jakarta dalam usaha menjamin keaman pengendara sepeda.

“Kami menggugat Pemprov DKI di PTUN. Dan gugatan kali ini tentang malpraktik tata kelola Kota Jakarta dalam menjamin keamanan pesepeda,” ujar Fahmi saat dikonfirmasi, Senin (15/1/2024).

Menurut Fahmi, B2W mencatat dalam kurun waktu satu tahun atau pada 2023, Pemprov DKI telah diduga melakukan malpraktik tata kelola Kota Jakarta.

Ia membeberkan, salah satu yang dilakukan Pemprov DKI yakni memangkas anggaran soal jalur sepeda pada RAPBD 2023 sebesar Rp 38 miliar pada November 2022.

Mengapa Kantuk Menyerang setelah Makan? Begini Tips Mencegahnya

mengapa-kantuk-menyerang-setelah-makan-begini-tips-mencegahnya

Setiap hari, kita menghadapi momen di mana rasa kantuk tiba-tiba menyergap setelah menikmati hidangan makan siang atau malam.

Fenomena ini umumnya dianggap sebagai respons alami tubuh terhadap proses pencernaan makanan.

Namun, tahukah Anda mengapa tubuh kita cenderung merasa mengantuk setelah makan?

Perasaan kantuk yang muncul pasca-makan dikenal sebagai Postprandial Somnolen atau secara informal disebut sebagai “koma makanan,” seperti yang dikutip dari Sleep Foundation, Senin (4/12/2023).

Para peneliti belum sepenuhnya memahami mengapa orang sering mengalami keletihan setelah makan.

Penelitian menunjukkan bahwa berbagai faktor, seperti fluktuasi protein seluler tertentu, hormon, aliran darah, bahan kimia otak, peradangan, dan ritme sirkadian tubuh dapat memengaruhi tingkat energi pasca-makan.

Porsi makan yang lebih besar cenderung menjadi pemicu kantuk, sementara komposisi makanan juga dapat berpengaruh.

Penelitian menemukan bahwa makanan dengan tinggi lemak, karbohidrat, atau kalori dapat meningkatkan kecenderungan merasa ngantuk.

Baca Juga: Cara Melihat Hujan Meteor Geminid di Indonesia, Malam Ini Puncaknya

Meskipun demikian, mengidentifikasi penyebab pasti dari kantuk postprandial dapat menjadi tugas yang sulit.

Terdapat berbagai alasan potensial mengapa rasa ngantuk muncul setelah makan, dan faktor-faktor tersebut dapat bervariasi antara individu dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Dilansir dari Verywell Health, konsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan kelelahan pasca-makan.

Mengonsumsinya sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur malam, tetapi jika dikonsumsi saat makan siang, mungkin akan menyebabkan keinginan untuk tidur siang di bawah meja.

 

Lima Arwana Mati Mendadak, Irfan Hakim Istirahat Dulu Tambah Koleksi Ikan

Jakarta – Ikan arwana milik Irfan Hakim mati mendadak. Irfan Hakim masih mencari tahu apa penyebab ikan tersebut mati mendadak.

“Ya sampai dicari tahu penyebabnya, nggak tahu kalau itu sih. Belum tahu, tapi kayaknya sih umur karena memang sudah tua banget. Tapi bisa jadi dari makanannya. Cuma kalau dari makanan, yang lainnya selamat kok mereka doang yang nggak,” kata Irfan Hakim ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, kemarin.

Sekitar tiga atau empat tahun lalu, puluhan ekor ikan Irfan Hakim juga pernah mati mendadak. Kematian puluhan ekor miliknya terjadi berbarengan.

“Tapi kalau dibandingin dengan 3 sampai 4 tahun lalu, ikan gue pernah mati sampe puluhan ekor sekaligus,” ungkapnya.

Saat ini Irfan Hakim masih menahan diri untuk membeli ikan lagi. Alasannya karena cuaca yang kurang baik.

“Belum. Biasanya ada penggantinya, ini nggak diniatin karena ini cuaca kurang bagus. Jadi untuk perikanan disetop dulu. Jadi nanti kalau cuaca sudah bagus lagi baru kita mulai lagi,” jelas Irfan Hakim.

Sementara itu untuk hewan lain, Irfan Hakim mengaku masih ingin menambah peliharaannya. Baru-baru ini ia mendatangkan sapi berukuran jumbo.

“Tapi untuk koleksi hewan terus-terus bertambah. Di rumah juga kan ada sapi kurban. Baru ada hewan baru lagi, tapi belum gue publish, tunggu. Selalu ada yang baru,” paparnya.

Hewan-hewan peliharaan Irfan Hakim kerap dikenal karena nama-namanya. Akan tetapi, Irfan Hakim mengaku tidak semua hewannya dia beri nama.

“Nggak semua kasih nama, ada beberapa ekor aja. Kalau yang kemarin meninggal itu 5 ekor ikan arwana nggak gue kasih nama kecuali ada beberapa,” kata Irfan Hakim.

Gong Xi Fa Cai! Ini Arti Merah dan Kuning dalam Imlek

Jakarta – Tahun Baru Imlek begitu identik dengan ornamen lampion, barongsai hingga liong. Rata-rata semuanya berwarna merah dan kuning.
Secara umum, warna merah dan kuning identik dengan Imlek karena dipercaya dapat membawa keberuntungan. Dalam budaya Tiongkok, warna merah melambangkan api dan kuning royal melambangkan bumi.

Kedua elemen tersebut diketahui membentuk sebuah keserasian satu sama lain dan membentuk kombinasi yang menguntungkan. Tak heran, jika kedua warna tersebut menjadi pilihan warna yang sangat populer selama perayaan Imlek.

Bukan hanya dianggap sebagai pembawa keberuntungan, warna merah dan kuning juga memiliki filosofi tersendiri yang erat kaitannya dengan Tahun Baru Imlek. Seperti apa filosofi yang dibawa oleh kedua warna tersebut? Simak penjelasan lengkapnya melalui paparan berikut, ya.

Filosofi Warna Merah dalam Tradisi Imlek
Warna merah dalam tradisi Imlek juga merupakan pilihan warna yang paling populer digunakan oleh masyarakat Tiongkok. Warna yang melambangkan api tersebut dikenal sebagai warna nasional yang dapat mewakili kebahagiaan, vitalitas, keindahan, kesuksesan, nasib baik, dan keberuntungan.

Warna merah juga tak terlepas dari legenda yang berkembang di tengah masyarakat Tiongkok. Seperti dijelaskan dalam laman americanenglish.state.gov, dikisahkan terdapat seekor binatang purba bernama Nian yang kerap meneror penduduk desa.

Nian diketahui suka memakan hasil panen, ternak, bahkan anak-anak. Seiring berjalannya waktu, para penduduk mengetahui kelemahan Nian yaitu warna merah, api, dan suara keras.

Berkat hal tersebut akhirnya para penduduk berhasil mengusir Nian. Hal tersebut membuat lahirlah tradisi mengenakan pakaian berwarna merah, menyalakan kembang api, dan menarikan barongsai saat Tahun Baru Imlek.

Filosofi Warna Kuning dalam Tradisi Imlek

Sama seperti warna merah, warna kuning dalam tradisi Imlek juga dianggap dapat membawa keberuntungan. Mengutip Cambridge Scholar, dalam budaya Tiongkok, kuning melambangkan kerajaan dan diperuntukkan bagi seorang kaisar. Dikatakan bahwa kuning merupakan warna terpenting dalam sudut pandang kuno.

Kaisar Tiongkok pertama dikenal sebagai “Yellow Emperor” atau Kaisar Kuning, lalu Tiongkok juga kerap dijuluki sebagai “Yellow Earth” atau Bumi Kuning, dan sungai induk di sana adalah Yellow River atau Sungai Kuning. Warna kuning juga sangat erat kaitannya dengan Dinasti Song, Dinasti Ming, dan Dinasti Qing.

Seperti penggunaan warna kuning sebagai jubah kaisar, kereta istana, bendera resmi, segel resmi, guci tembaga, hingga atap genteng. Bahkan dalam Buddhisme Tiongkok, para biksu mengenakan jubah kuning yang dikaitkan dengan kebebasan dan kebutuhan materi.

Semua asosiasi yang telah dijelaskan sebelumnya menunjukkan betapa tingginya penghargaan terhadap warna kuning di Tiongkok. Maka, tak heran jika warna tersebut sangat dihormati dan dianggap sebagai membawa keberuntungan.

Warna Pembawa Keberuntungan

Selain merah dan kuning royal atau emas, ada berbagai warna lain yang dipercaya juga dapat membawa keberuntungan. Berdasarkan artikel Color Words between English and Chinese karya Xuezhi Li dari Linyi University, warna hijau dalam budaya Tiongkok biasanya diasosiasikan dengan pertumbuhan, kesuburan, dan regenerasi. Hal tersebut membuat hijau termasuk sebagai warna pembawa keberuntungan dalam hidup.

Dalam tradisi Tiongkok, warna hijau dihubungkan dengan konsep unsur kayu yang dipandang sebagai simbol kemurnian yang alami. Bukan hanya itu, warna hijau juga erat kaitannya dengan kekayaan. Hal tersebut menunjukkan keberuntungan dalam meningkatkan kekayaan pribadi.

Warna Pembawa Kesialan

Selain ada warna yang dipercaya dapat membawa keberuntungan, ternyata terdapat pula warna pembawa kesialan. Apa sajakah itu? Salah satunya adalah warna putih.

Masih dikutip dari sumber sebelumnya, orang-orang di Barat biasanya mengasosiasikan warna putih sebagai warna yang bermakna kesucian. Tetapi, hal tersebut justru berbanding terbalik di Tiongkok yang mana masyarakatnya justru memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang warna putih.

Biasanya warna putih di https://Garasi777.s3.us-west-004.backblazeb2.com/garasi777.html Tiongkok justru diasosiasikan dengan kematian maupun kedukaan. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pemakaman berlangsung. Biasanya para pelayat berpakaian warna putih.

Situasi tersebut membuat warna putih kerap dikaitkan dengan kematian, sehingga membuat sebagian masyarakat menganggapnya sebagai warna pembawa kesialan. Alasannya karena warna putih dipandang dapat mengundang kematian dalam hidup seseorang.