Fakta Ilmiah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Tiap Hari Bikin Panjang Umur

Fakta Ilmiah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Tiap Hari Bikin Panjang Umur

Ilustrasi Jalan Kaki

Jumlah langkah terbaik yang harus dicapai setiap hari bukanlah 10 ribu langkah, melainkan sekitar 6.000-8.000 langkah perhari untuk memperpanjang umur manusia.

Tren 10 ribu langkah awalnya dipopulerkan oleh perusahaan jam dan instrumen Yamasa. Perusahaan asal Jepang itu memanfaatkan tren pada Olimpiade Tokyo 1964 dengan memproduksi spedometer.

Science Alert menjelaskan angka tersebut bagus dan bulat untuk didengar. Namun ternyata tak sebanyak itu langkah yang harus kita tempuh per harinya.

Dari data puluhan ribu orang yang dikumpulkan dalam 15 penelitian dapat disimpulkan https://38.180.14.226/ jumlah optimal adalah mendekati 6.000 langkah per hari. Jumlah tersebut bergantung pada usia manusia.

“Penurunan risiko secara bertahap seiring dengan peningkatan langkah, hingga risikonya menurun. Dan pemerataan tersebut jadi pada nilai langkah yang berbeda antara orang dewasa yang tua dan muda,” kata ahli epidemiologi Universitas Massachuseets Amherst, Amanda Paluch, dikutip Kamis (18/1/2024).

Dalam penelitian lain tahun 2021 menemukan 7.000 langkah bisa memperpanjang usia sebesar 50%-70%. Penelitian yang dilakukan ini berdasarkan lebih dari 2.000 individu paruh baya.

Sementara untuk orang berusia lebih dari 60 tahun ke atas, risiko akan turun dengan berjalan kaki 6.000 hingga 8.000 langkah per hari. Bagi orang dengan usia muda dapat berjalan lebih banyak.

Namun tidak ada bukti mereka yang berjalan lebih lama sebanyak 8.000 hingga 10 ribu langkah per hari memperpanjang hidupnya.

Tim peneliti juga menekankan kecepatan volume lebih baik dibandingkan kecepatan langkah. Jadi lebih banyak bergerak akan jauh lebih bermanfaat bagi manusia.

“Kesimpulan utamanya membuktikan lebih banyak bergerak akan bermanfaat, khususnya bagi mereka yang melakukan sedikit aktivitas,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*