Buka IIMS 2024, Jokowi: Masa Depan Otomotif Terwujud

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (kiri) mengisi daya mobil listrik saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). Presiden Jokowi meresmikan SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show 2024 (IIMS) dengan penuh semangat di JIExpo, Jakarta. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, saya secara resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2024,” kata Jokowi di IIMS 2024 di JIExpo Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Jokowi menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Dia mengamati dengan baik berbagai inovasi yang dipamerkan, termasuk peningkatan signifikan dalam mobil listrik.

“Saya melihat baik. Banyak yang dipamerkan, termasuk mobil listrik,” ujar Jokowi.

Menurut dia, masa depan otomotif Indonesia sangat berkaitan dengan mobil listrik, mengingat negara ini memiliki sumber daya alam yang kaya, seperti bahan baku nikel dan sumber daya lainnya yang mendukung pengembangan industri mobil listrik.

“Ya, memang masa depan otomotif Indonesia terletak pada mobil listrik, mengingat kita memiliki sumber daya alam, seperti nikel dan komoditas lainnya yang mendukung,” kata Jokowi.

CEO Kompas Gramedia, Liliek Oetama memimpin pembukaan resmi Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show 2024 (IIMS 2024). Acara tahunan yang dinanti-nantikan ini tidak hanya menjadi wadah untuk memamerkan inovasi terbaru dalam industri otomotif, tetapi juga menjadi momen refleksi atas kemajuan yang telah dicapai sebagai bangsa dalam mengembangkan sektor otomotif.

Indonesia, sebagai salah satu pasar otomotif yang potensial, terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam industri ini. Dengan semangat inovasi dan kerja keras, terjadi peningkatan signifikan dalam produksi kendaraan, investasi dalam teknologi ramah lingkungan, serta dukungan yang terus meningkat dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.

“Indonesia sebagai salah satu pasar otomotif yang potensial terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam industri ini,” kata Liliek.

IIMS 2024 diikuti oleh 53 merek kendaraan dan 187 peserta dari industri otomotif, industri kreatif, dan pendukungnya. Acara ini juga menjadi ajang peluncuran dan pengenalan produk terbaru dari berbagai merek.

Selama 11 hari penyelenggaraan, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai program pendukung dari komunitas otomotif dan industri kreatif, termasuk IIMS Infinite Show dan IIMS Infinite Live yang menampilkan deretan musisi ternama.

 

Liliek menyatakan keyakinannya bahwa IIMS 2024 akan menjadi titik balik penting dalam mendorong kolaborasi antara pemangku kepentingan dan kemitraan yang saling menguntungkan. Dia berharap acara ini dapat menginspirasi generasi mendatang dan membawa industri otomotif Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*